Language

Bekerja Sambil Kuliah

Last updated on 18 Apr 2024
Bekerja Sambil Kuliah

waitress-2376728_1280.jpg Sumber gambar: Pixabay

Oleh Rebecca Isjwara

Selain mendapatkan uang saku tambahan, banyak keuntungan untuk kerja sambilan selagi kuliah: kamu akan mandiri, kamu bisa mendapatkan pengalaman kerja, dan kamu dapat mengenali orang-orang yang bekerja di areamu. Jika kamu ingin mendapatkan keuntungan-keuntungan tersebut selagi mencari dana tambahan, ikuti beberapa tips ini:

1. Cek status visa pelajarmu

Kamu sedang tinggal di luar negeri dengan visa pelajar, jadi sangat penting untuk kamu mengecek dan memverifikasi batas-batas pekerjaan kamu. Biasanya itu tergantung 1) perusahaan tempat kamu kerja, dan 2) periode kamu kerja. Beberapa visa akan membolehkan kamu bekerja hanya pada saat-saat tertentu, seperti liburan musim panas, dan beberapa visa akan membolehkan kamu untuk bekerja hanya dalam lingkungan kuliah kamu. Penting sekali untuk mengecek hal ini, karena melanggar aturan tersebut dapat mengancam deportasi dan putus kuliah.

2. Cek kesempatan kerja di kampus

Kerja di kampus biasanya merupakan awal yang baik untuk kerja sambil kuliah, karena lokasi dan lingkungan mereka berdekatan dan juga sudah familiar untukmu. Bekerja di perpustakaan atau kafe di kampus juga memudahkan kamu untuk mengenali kuliah tempat kamu belajar dan orang-orang yang bekerja di dalamnya.

3. Pilih pekerjaan yang sesuai dengan aspirasi kamu

Saat kamu sudah mulai terbiasa dengan pola kerja dan belajar, kamu akan menemukan bahwa banyak sekali kesempatan kerja part-time yang sebelumnya tidak kamu ketahui sama sekali. Saat menentukan pilihanmu, pilihlah pekerjaan yang sesuai dengan keinginanmu, baik itu untuk karir masa depanmu atau karena kamu tertarik di area tersebut. Misalnya, kalau kamu ingin menjadi akuntan, mungkin kamu dapat sambilan di kantor keuangan kampus. Atau jika kamu suka berbincang dengan orang, mungkin kamu bisa menjadi duta mahasiswa dan memberi tur kampus bagi pendatang-pendatang baru.

4. Ingatlah prioritasmu: kuliah

Meski bekerja dan memiliki uang tabungan sendiri merupakan hal yang indah, ingatlah bahwa prioritasmu di masa ini adalah untuk belajar dan menyelesaikan kuliahmu. Jika pekerjaanmu mulai mempengaruhi nilai-nilaimu atau jika shift kerjamu mulai memotong waktu belajarmu, saatnya kamu berefleksi akan jadwal kamu sehari-hari. Kadang semester-semester tertentu akan terasa lebih sibuk, sehingga mungkin kamu harus mengurangi waktu kerjamu, atau mengaturnya agar bisa mengakomodasi pelajaran-pelajaran kamu.