Language

Last updated on 08 Aug 2022

IMG_1389.PNG

Oleh: Robyn Ava

Apa itu Magister di Administrasi Publik?

Kalau kamu memilih program Magister di Administrasi Publik, kamu akan belajar untuk mengidentifikasi dan menganalisa masalah sosial dan juga membangun kemahiran dalam memberikan solusi yang berhubungan dengan pelaksanaan kebijakan publik. Pembelajaran tentang penerapan dan pengelolaan semua kebijakan publik untuk memanfaatkan sumber daya secara efektif dan memberikan layanan adalah salah satu aspek yang pasti kamu akan kembangkan. Dalam menyelesaikan masalah pemerintahan, kamu akan terbiasa untuk melihat dari berbagai sudut pandang, mengambil dan memperhitungkan berbagai segala kepentingan yang terlibat didalamnya, dan menyembatani dan menyambung visi-visi yang didiskusikan.

Keahlian yang bisa dapatkan

Dengan kamu memiliki gelar Magister di Admnistrasi Publik, kamu akan menjadi pakar dalam menyelidiki masalah yang kompleks dengan sudut pandang akademis berbasis perspektif sains. Kamu juga tahu cara untuk merefleksikan masalahnya, dimana kamu bisa mengembangkan dan mengimplementasikan solusi yang konkrit dan berkepajangan. Hal ini akan menyesuikanmu untuk berada di posisi tinggi dimana kamu bertugas untuk memberikan saran untuk publik atau organisasi dan mengimplementasikannya. Kamu akan banyak menambah kemampuan untuk berkolaborasi dengan banyak entitas di dalam dan di luar ranah publik.

Pekerjaan yang bisa kamu lakukan

Setelah kamu lulus, salah satu pekerjaan yang jelas bisa kamu coba adalah menjadi pejabat publik. Tetapi, dengan kemahiranmu yang multidisiplin, tidak akan membatasimu dari berbagai tipe pekerjaan lainnya yang sesuai dengan spesialisasi dan ketertarikanmu. Contohnya, pekerjaan yang berotoritas di area pengembang kebijakan sebuah organisasi atau perusahaan; pakar dalam perubahan manajemen; atau menjadi manajer proyek dari proyek publik yang besar seperti infrastruktur.Contoh jabatan lainnya seperti penasihat strategis di lembaga pendidikan atau badan penasihat pemerintah juga bisa kamu telusuri. Kamu juga dapat bekerja sebagai trainee atau penasihat junior untuk masalah di bidang desain atau di perusahaan riset dan konsultan swasta yang berfokus pada sektor publik.

Kira-kira apa kamu tertarik menjadi Master of Public Administration?