Language

Beasiswa dan Panduan Lengkap Kuliah di Italia

Gambaran lengkap tentang studi di Italia, mencakup sistem pendidikan, beasiswa, biaya hidup, dan peluang kerja.

Last updated on 13 Jun 2024
Beasiswa dan Panduan Lengkap Kuliah di Italia

Screen Shot 2024-04-13 at 17.47.38.png Sumber gambar: unsplash.com/@rickpsd

Oleh: A.R. Lintang

Sumber: Cara Kuliah di Italia - Uni Italia | Study in Italy | EHEF Indonesia 2023

Pembicara: Romero Sinaga, perwakilan dari Uni-Italia Indonesia

Kuliah di Italia adalah salah satu opsi yang menarik untuk yang berminat melanjutkan studi di Eropa. Salah satu alasannya adalah bahwa Italia tidak hanya tentang piza, pasta dan Prada, tapi negeri yang memiliki kekayaan budaya ini juga mempunyai beberapa universitas yang terkenal dengan keunggulan akademik dan peluang penelitiannya.

Di kampus-kampus negeri Italia bahkan menawarkan tuition fee yang rendah karena pembiayaan pemerintah Italia mencapai 90%. Kalau itu belum cukup menggiurkan, masih ada pilihan beasiswa selain beasiswa Kementerian Luar Negeri (MAECI), seperti beasiswa pemerintah daerah provinsi (DSU), beasiswa Invest Your Talent (IYT), maupun beasiswa di tiap-tiap kampusnya.

Sebelum mempelajari lebih detail tentang beasiswa Italia, pelajari dahulu sistem pendidikan tinggi di Italia berikut ini.

Sistem Pendidikan Tinggi di Italia

Kampus pertama di Eropa ada di Italia yang berdiri pada tahun 1088, University of Bologna. Sedangkan pendidikan tinggi di Eropa telah sesuai dengan standardisasi Eropa yaitu Bologna Process. Sehingga sertifikat & ijazah dari universitas di Italia bisa diterima di seluruh negara Uni Eropa.

Sebelum bisa melanjutkan ke pendidikan tinggi di Italia, pelajar harus mengikuti pendidikan dasar selama 13 tahun untuk pendidikan di Italia (5 tahun SD, 3 tahun SMP, 5 tahun SMA) atau setara dengan 12 tahun pendidikan dasar di Indonesia.

Sistem pendidikan tinggi di Italia terbagi menjadi 2 sektor, yaitu sektor universitas dan sektor Higher Education for Fine Arts, Music and Dance.

Sektor Universitas

Program S1 (Bachelor)

  • Masa studi 3 tahun
  • Syarat dokumen salah satunya IELTS minimum 6.0 atau TOEFL IBT minimum 85

Program S2 (Master)

  • Dibagi menjadi dua; 1st level (pendidikan profesi dengan masa studi 1 tahun), 2ndlevel (master untuk lanjut studi PhD dengan masa studi 2 tahun).
  • Mahasiswa dapat menempuh program single cycle master degree, yaitu program Master dari jenjang S1 langsung S2 (contoh: kedokteran, bioteknologi, keperawatan) ataupun mengambil program S2 saja bagi yang sudah lulus program S1.
  • Syarat dokumen yang dibutuhkan sesuai dengan masing-masing kampus, namun yang umum ada recommendation letter dan atau motivation letter dalam bahasa Inggris.
  • Syarat untuk mahasiswa yang berencana cross major minimum 30 subjects harus sesuai dengan program studi tujuan.

Program S3 (PhD)

  • Berdasarkan ketersediaan lowongan dari research interest masing-masing universitas pada tahun tsb.
  • Syarat dokumen salah satunya adalah proposal riset dengan maksimal 3 halaman dan melakukan pitching kepada beberapa profesor dengan durasi 1 menit.

Sektor Higher Education for Fine Arts, Music and Dance (AFAM)

Contohnya desain, seni, musik, film, seni tari. Biaya kuliah AFAM lebih mahal dari universitas universitas negeri di Italia.

Beasiswa Pemerintah Italia

Beasiswa Italian Ministry of Foreign Affairs and International Cooperation (MAECI)

Beasiswa MAECI fully funded dari pemerintah Italia. Ada 5 kategori beasiswa: Intensive Italian, master degree, PhD, joint research, musik.

Beasiswa Dritto allo Studio Universitario (DSU)

Beasiswa DSU ini adalah beasiswa yang diberikan oleh pemerintah daerah provinsi di Italia dengan probabilitas untuk mendapatkan beasiswa ini adalah 90%. Beasiswa ini tidak mewajibkan mahasiswanya bisa bahasa Italia.

Ada 2 pilihan kategori beasiswa yang dicakup oleh DSU yaitu:

  • Tuition fee: Beasiswa tuition fee untuk mahasiswa di universitas negeri akan ditanggung full, sedangkan di universitas swasta hanya sebagian saja.

  • Akomodasi: Aplikasi dibuka mulai bulan Juni-Juli dan pengumuman beasiswa di awal Desember, sedangkan awal semester dimulai bulan September. Sehingga beasiswa ini akan didapat oleh mahasiswa saat yang bersangkutan sudah studi selama 3-4 bulan di Italia.

Beasiswa Invest Your Talent (IYT)

Program studi:

  • Engineering
  • Advance technology
  • Architecture
  • Design
  • Economy management

Cakupan beasiswa

  • Free tuition fee
  • € 8100 per tahun dengan tuition fee waiver
  • Kursus bahasa Italia gratis di kampus
  • Kesempatan magang (3 bulan di perusahaan Italia terkemuka)

Beasiswa Kampus

Setiap kampus memiliki skema dan istilah beasiswa tersendiri, sehingga mahasiswa harus secara mandiri mencari informasi ke kampus. Beberapa beasiswa kampus di Italia yang tersedia:

  • Action 1 & Action 2 study grants and tuition free waivers di University of Bologna
  • Beasiswa ToPoliTo di Politecnico di Torino, dll.

Beasiswa Pemerintah Indonesia

Beasiswa Lainnya

Untuk pengambilan double degree program ada beasiswa dari Erasmus. Tidak berlaku untuk semua program studi dan tergantung dengan masing-masing kampus partner.

Alasan Memilih Kuliah di Italia

Kualitas Hidup di Italia

Sebagai negara dengan ekonomi terbesar ke-8 di dunia dan memiliki 58 warisan budaya yang diakui oleh UNESCO, Italia dikunjungi 65 juta wisatawan tiap tahunnya. Sehingga tidak heran jika hampir setiap akhir pekan atau setiap hari di kota-kota besar seperti Milan, Turin, dan Roma ada festival festival menarik dengan tema harian atau bulanannya.

Kesempatan Bekerja Paruh Waktu (Part Time)

Mahasiswa yang berkuliah di Italia mendapat kesempatan bekerja paruh waktu (part-time) 20 jam per minggu saat masa kuliah. Dibutuhkan manajemen waktu yang baik, karena pada kenyataannya kebanyakan mahasiswa tidak sanggup memanfaatkan peluang bekerja paruh waktu dikarenakan padatnya jadwal kuliah, banyaknya tugas kuliah dll.

Inovasi & Tradisi dalam Lingkungan Kampus

Pendidikan tinggi di Italia diakui oleh Eropa dan dunia sebagai pusat penelitian dan pelatihan yang unggul. Bahkan 40 universitas di Italia masuk ke dalam QS World University Ranking. Kualitas pendidikan ditambah dengan hubungan internasional dengan institusi asing memberikan kesempatan pada mahasiswa memiliki masa depan yang sukses dalam lingkungan akademik. Selain itu, pihak universitas dan pemerintah sangat peduli dengan business development, itu sebabnya ada fasilitas entrepreneur incubator & accelerator di kampus-kampus.

Top Level English Course

Ada hampir 700 courses yang diselenggarakan menggunakan bahasa Inggris dalam bidang; management and economy, science, engineering and technology, architecture, design, medicine dll. Info selengkapnya ada di situs laman www.universitaly.it

Biaya Kuliah Terjangkau

Biaya kuliah di universitas Italia secara umum lebih terjangkau dibanding dengan negara-negara lain di Eropa tengah atau Amerika utara. Karena dukungan pembiayaan dari pemerintah Italia, mahasiswa hanya perlu membayar sisa 10% dari biaya kuliah. Biaya kuliah di perguruan tinggi negeri rata-rata €359 per tahun untuk universitas negeri, sedangkan untuk universitas swasta € 8000 per tahun tergantung dengan kebijakan internal terkait biaya kuliah.

Untuk mahasiswa Indonesia (pemegang paspor Indonesia) berlaku flat tuition fee dimana rata-rata biaya kuliah € 1000 per tahun untuk semua program studi di universitas negeri Italia. Selain itu ada esai beasiswa yang diberikan berdasarkan kemampuan finansial keluarga tiap mahasiswa, sehingga tiap mahasiswa berbeda biaya kuliahnya.

Kesempatan Bekerja di Italia Setelah Lulus

Pemerintah Italia membuka kesempatan bekerja setelah lulus untuk mahasiswa internasional selama 1 tahun.

Uni-Italia

Uni-Italia merupakan lembaga konsorsium yang berada di Indonesia di bawah naungan Pemerintah Italia untuk memperkenalkan serta mempromosikan Sistem Pendidikan Tinggi Italia dan Internasionalisasi Universitas serta Akademik Seni dan Musik Italia di Indonesia. Saat ini ada 8 kantor Uni-Italia yaitu di Iran, India, Indonesia, Vietnam, Cina, Kolombia, Maroko, dan kantor pusat di Italia.

Uni-Italia adalah lembaga yang memberikan panduan untuk mahasiswa yang akan berkuliah di Italia terkait dengan hal berikut:

  • Orientasi terhadap layanan penting dari kota asal.
  • Informasi tentang kedutaan, kesehatan masyarakat & rumah sakit dan lain-lain.
  • Membantu mahasiswa mengenai dokumen-dokumen penting (visa, asuransi, izin tinggal) dan hal-hal lain yang berhubungan dengan universitas.

Kontak dan perwakilan Uni-Italia di Indonesia adalah sbb:

  • Romero Sinaga (Kedutaan Besar Italia di Jakarta, Jln. Diponegoro No.45 Menteng 10310 Jakarta)
  • Email: Indonesia@uni-italia.it
  • Telefon: 021 3192 3490
  • Hp/WA: 081 80 80 13932
  • Facebook: Uni-Italia Indonesia
  • X: @UniItalia
  • Instagram: @uni_italia_id
  • Situs web: www.uni-italia.net

Berkuliah di negara dengan universitas tertua di Eropa dengan biaya kuliah yang terjangkau, ditambah berbagai pilihan beasiswa unggulan dan pilihan program studi menambah keistimewaan Italia yang juga menawarkan kesempatan bekerja di sana setelah lulus.

Ikuti terus informasi tentang kuliah di Italia maupun informasi lain terkait beasiswa, visa pelajar dan biaya kuliah di Eropa lainnya untuk mahasiswa Indonesia di situs www.ehef.id atau media sosial @ehef.id.