Language

Cara Kuliah di Swedia: Panduan Lengkap dan Beasiswa Tersedia (EHEF Indonesia 2023)

Panduan lengkap bagi calon mahasiswa Indonesia yang ingin berkuliah di Swedia, mencakup alasan berkuliah di sana, biaya, proses pendaftaran, peluang beasiswa, dan prospek karir setelah lulus.

Last updated on 02 May 2024
Cara Kuliah di Swedia: Panduan Lengkap dan Beasiswa Tersedia (EHEF Indonesia 2023)

sweden-916799_1280.jpeg Sumber gambar: Pixabay

Oleh: Shiella Aldama

Sumber: Cara Kuliah di Swedia - Swedish Institute | Study in Sweden | EHEF Indonesia 2023

Pembicara: Angelica (Perwakilan dari Kedutaan Besar Swedia di Indonesia) dan Aldo (Alumni Lund University)

Berbagai Alasan Studi di Swedia

Swedia adalah negara yang tepat bagi para calon mahasiswa yang ingin menantang diri secara akademis dan karakter karena pelajar di Swedia akan didorong untuk menjadi independen dan berperan aktif di dalam studinya.

Selain itu, Swedia juga merupakan negara yang aman dan modern di mana setiap orang diperlakukan secara setara dan dipastikan memiliki hidup yang seimbang supaya tidak mengalami kelelahan (burnt out). Para mahasiswa di Swedia belajar selama 8 jam per hari. Sisa waktunya dapat digunakan untuk bersosialisasi dengan sesama pelajar atau masyarakat setempat, bepergian, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan.

Dari aspek pendidikan, Swedia memiliki 39 universitas berkualitas tinggi dengan lebih dari 100 program sarjana (bachelor degree) dan lebih dari 1000 program pascasarjana (master degree) dengan bahasa pengantar bahasa Inggris. Semua materi pembelajaran, penyampaian materi oleh pengajar, hingga seminar-seminar yang dilaksanakan tersedia dalam bahasa Inggris.

Informasi tentang universitas di Swedia beserta program yang tersedia pada masing-masing universitas dapat dicek di website studyinsweden.se/programmes.

Para mahasiswa internasional tidak perlu khawatir jika belum bisa berbahasa Swedia karena masyarakat Swedia, baik yang tinggal di kota besar maupun kota kecil, memiliki kemampuan berbahasa Inggris yang baik. Meski demikian, memmahasiswai bahasa Swedia tetap disarankan karena dapat mempermudah mahasiswa internasional untuk berbaur dengan budaya setempat. Para mahasiswa bisa memanfaatkan fasilitas belajar bahasa Swedia gratis yang disediakan oleh pemerintah kotamadya.

Biaya Studi di Swedia

Rata-rata biaya studi jenjang S1 (bachelor degree) di Swedia bagi mahasiswa dari luar negara EU/EEA, Nordic Countries, dan Swiss adalah sekitar SEK 129.000 atau senilai Rp. 185.000.000 per tahun.

Tentang Pendaftaran Universitas Swedia

Proses pendaftaran universitas di Swedia sangatlah sederhana. Calon mahasiswa hanya perlu mengunjungi website universityadmissions.se untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai dokumen yang dibutuhkan dan untuk pendaftaran diri. Pendaftaran pada website tersebut dibuka mulai pertengahan bulan Oktober dan ditutup pada pertengahan bulan Januari setiap tahunnya.

Calon mahasiswa akan dikenakan biaya pendaftaran sebesar SEK 900 (1,5 juta rupiah). Biaya ini hanya perlu dibayar satu kali terlepas dari banyaknya program yang dipilih (maksimal 8 program untuk jenjang sarjana dan 4 program untuk jenjang pascasarjana).

Berbeda dengan beberapa negara lain yang mengharuskan calon mahasiswa untuk mendapatkan admission letter dari universitas tertentu untuk bisa mendaftarkan beasiswa, calon mahasiswa di Swedia dapat mendaftarkan diri untuk beasiswa secara paralel pada bulan Februari.

Kemudian, pengumuman penerimaan calon mahasiswa berikut dengan hasil pendaftaran beasiswa dilaksanakan pada bulan Maret. Setelah dinyatakan diterima pada universitas yang telah dipilih, maka calon mahasiswa akan memulai studinya pada akhir bulan Agustus setiap tahunnya.

Beasiswa Kuliah di Swedia

Swedish Institute Scholarships for Global Professionals (SISGP)

Beasiswa ini khusus untuk program studi pascasarjana yang diberikan oleh Swedish Institute (SI) bagi para profesional global yang memiliki latar belakang profesional yang kuat, memiliki pengalaman kepemimpinan yang konkrit, dan memiliki semangat berkontribusi dalam perkembangan internasional.

Beasiswa ini mencakup:

  1. Biaya kuliah yang dibayarkan langsung oleh Swedish Institute kepada universitas yang bersangkutan
  2. Biaya hidup sebesar SEK 11.000 per bulan.
  3. Biaya tiket pesawat (satu kali pulang & pergi) sebesar SEK 15.000 di mana mahasiswa dapat menyimpan sisa dana tiket jika ada.
  4. Asuransi kesehatan dan kecelakaan
  5. Biaya keanggotaan Swedish Institute (SI) Network for Future Global Leaders (NFGL), sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk berkembang dan memiliki jaringan profesional selama berada di Swedia
  6. Biaya keanggotaan SI Alumni Network setelah periode beasiswa selesai.

Catatan: Penerima beasiswa yang mendaftarkan diri pada program pascasarjana selama satu tahun dan mendapatkan program magang menjelang kelulusan bisa mendapatkan biaya hidup bulanan tambahan selama 6 bulan.

Syarat mendapatkan beasiswa:

1. Pengalaman kerja

Calon penerima beasiswa (kandidat) harus memiliki pengalaman kerja minimal sebanyak 3000 jam (setara 1,5-2 tahun bekerja penuh waktu) yang diakumulasi dari maksimal 3 perusahaan/ organisasi.

Kandidat yang memiliki pengalaman bekerja yang berkaitan dengan United Nations Sustainable Development Goals akan menjadi kandidat yang diprioritaskan.

2. Negara asal

Hanya ada 41 negara asal yang terdapat di dalam daftar penerima beasiswa SISGP. Indonesia adalah salah satunya.

3. Penerimaan di universitas

Kandidat dinilai bertanggung jawab dalam membayar biaya kuliah, telah mengikuti langkah-langkah pendaftaran di universitas yang dituju, dan diterima oleh salah satu program pascasarjana yang didaftarkan.

4. Pengalaman Kepemimpinan

Kandidat harus bisa menunjukkan pengalaman aktif menjadi pemimpin di dalam perusahaan atau organisasi di saat ini atau yang terdahulu.

5. Program Pascasarjana

Program yang dituju harus memenuhi syarat beasiswa Swedish Institute

Dokumen yang diperlukan untuk pendaftaran beasiswa:

  • Curriculum Vitae
  • 1 Letters of Reference, salah satunya harus dibuat oleh tempat kandidat bekerja
  • Bukti yang lengkap dan valid dari pekerjaan dan pengalaman kepemimpinan (pastikan Anda sudah memeriksa dan mengikuti template yang tersedia pada website)
  • Copy Passport atau Kartu Tanda Penduduk yang valid
  • Motivation letter

Catatan:

  • Ada kemungkinan perubahan terkait dokumen yang diperlukan setiap tahunnya. Pastikan Anda memeriksa dan memenuhi seluruh ketentuan yang berlaku.
  • Calon penerima beasiswa harus dengan teliti mengikuti setiap panduan yang disediakan karena proses seleksi hanya dilakukan secara online dan tanpa wawancara. Anda akan otomatis terdiskualifikasi jika gagal memenuhi ketentuan dengan lengkap dan tepat.

University Scholarships

Beasiswa ini disediakan oleh masing-masing universitas dan, biasanya, sifatnya parsial (tidak mencakup keseluruhan biaya kuliah dan biaya hidup).

Anda bisa mengunjungi website studyinsweden.se/scholarships untuk mendapatkan informasi dari universitas-universitas Swedia yang menyediakan beasiswa.

Tips: Kandidat dapat mendaftarkan diri pada kedua jenis beasiswa di atas (SISGP dan beasiswa universitas). Jika berhasil memenuhi kriteria keduanya maka, secara otomatis, kandidat akan masuk ke beasiswa SISGP yang memiliki manfaat dan keuntungan lebih besar.

Indonesian Alternatives

Beasiswa lainnya seperti beasiswa LPDP (Lembaga Pengelolaan Dana Pendidikan).

Karir dan Pekerjaan di Denmark

Keuntungan lainnya jika Anda menjalankan studi di Swedia adalah Anda diperbolehkan untuk bekerja karena, saat menjadi pelajar di Swedia, Anda akan mendapatkan resident permit dan bukan visa pelajar. Akan ada banyak kesempatan untuk bekerja paruh waktu pada organisasi-organisasi mahasiswa maupun perusahaan-perusahaan yang terkait dengan bidang studi yang Anda ambil.

Resident permit yang Anda dapatkan akan terus berlaku hingga 12 bulan setelah Anda menyelesaikan studi dan dapat dimanfaatkan untuk mencari pekerjaan di Swedia. Jika Anda berhasil mendapatkan pekerjaan, maka resident permit tersebut akan diganti menjadi working permit.

Kunjungi situs-situs resmi Study In Sweden untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai studi di Swedia

Situs-situs resmi Kedutaan Besar Swedia di Indonesia

Situs-situs resmi Perhimpunan Pelajar Indonesia di Swedia