Language

Last updated on 27 Oct 2021

CampusFrance_Web.jpg

By Irene Tanjung

Melanjutkan studi ke Prancis adalah mimpi bagi banyak orang. Dalam tahap perencanaan, penting bagi calon mahasiswa untuk mencari informasi sebanyak mungkin tentang Prancis. Inilah saat yang tepat untuk menghubungi Campus France!

Campus France adalah bagian dari kedutaan Prancis yang bertugas mempromosikan studi dan perguruan tinggi di Prancis. Lembaga ini memiliki cabang di 124 negara dengan tujuan sama: membantu proses pendaftaran dan kepergian studi ke Prancis agar menjadi sesederhana mungkin.

Di Indonesia, Campus France memiliki banyak cabang. Kantor Campus France Indonesia tersebar di kota Jakarta, Bandung, Medan, Yogyakarta atau Surabaya -- terletak di tempat yang sama dengan Institut Français/Alliance Français (pusat pengajaran dan kebudayaan) masing-masing kota.

Dalam situasi ideal, kantor Campus France Indonesia membuka kesempatan bagi pendaftar untuk datang langsung untuk mendapatkan informasi dan bimbingan konsultasi seputar persiapan studi di Prancis. Semua layanan konsultasi yang ditawarkan Campus France Indonesia tidak dikenakan biaya.

Tentunya, pertemuan tatap muka harus terhenti dalam masa pandemi demi mengutamakan kesehatan. Tetapi jangan takut, Campus France tetap melayani berbagai pertanyaanmu secara online!

Campus France mencantumkan alamat email dan nomor telepon yang bisa dihubungi untuk konsultasi di situs resmi Campus France Indonesia dan akun Instagram @campusfranceina.

Sebelum kamu menghubungi mereka, yuk simak bagaimana Campus France bisa mendukung mimpimu ke Prancis!

1. Informasi sistem perguruan tinggi di Prancis

Sistem pendidikan di Indonesia dan Prancis memiliki banyak perbedaan. Salah satunya, Prancis menawarkan lebih banyak pilihan dalam jenis perguruan tinggi. Di antaranya, adalah universités atau universitas publik milik negara, dan grande école yang merupakan universitas swasta. Selain itu, terdapat juga beberapa jenis perguruan tinggi spesialis bagi siswa yang berminat pada bidang fashion, kuliner, pariwisata, dan lain-lain.

Setiap jenis perguruan tinggi ini memiliki tujuan dan sistem pengajaran berbeda-beda. Masing-masing perguruan tinggi menetapkan kriteria tersendiri bagi pendaftar: dari segi latar belakang pendidikan, kemahiran berbahasa, pengalaman, dan lain-lain. Calon mahasiswa internasional di Prancis wajib mencari tipe perguruan tinggi yang mendukung impian dan ekspektasi dalam pengajaran dan setelah kelulusan nanti.

Untuk melihat daftar universitas di Prancis yang lengkap, kamu bisa cek di ehef.id. Klik di sini.

Umumnya, perguruan tinggi Prancis pasti memiliki situs resmi tempat mereka mengumumkan informasi mengenai tahun pengajaran mereka. Mulai dari kriteria mahasiswa yang diinginkan, kurikulum yang digunakan, mata kuliah yang diajarkan per semester, cara mencari student housing, dan lain-lain. Kalau kamu masih bingung setelah mencerna informasi ini, tenang saja… Tanyakan pada Campus France! Dengan informasi yang jelas dan bersumber langsung, mereka akan membantu dalam menentukan pilihanmu.

Campus France tidak hanya menyediakan konsultasi bagi para mahasiswa calon pendaftar ke program S1/Licence dan S2/Master. Untuk pencari program S3/Doctorat, Campus France juga menyediakan konsultasi mengenai kerja sama universitas yang mendukung penelitian, fasilitas bagi mahasiswa internasional, dan pendanaan yang dapat diberikan sebagai penunjang penelitian..

Apa pun pertanyaanmu mengenai pendidikan di Prancis, yakinlah Campus France bisa menjawabnya.

2. Pengenalan situs Études en France

Sebagai salah satu upaya menyalurkan lebih banyak pelajar ke Prancis, negara menyediakan satu portal utama mendaftar ke universités Prancis. Situs bernama Études en France ini ditujukan pada calon mahasiswa di 51 negara (termasuk Indonesia) untuk mengelola tahapan pendaftaran ke universités Prancis sampai pada pengajuan visa pelajar.

Karena besarnya antusiasme pelajar Indonesia mengenai pendidikan ke Prancis, Campus France membuka pendaftaran untuk masuk sebuah program persiapan. Program ini ditujukan pada para pelajar yang telah yakin akan mengikuti pendaftaran perguruan tinggi Prancis mulai Oktober 2021 untuk mengikuti tahun ajar 2022 (link pendaftaran masih dapat diakses melalui bio Instagram @campusfranceina).

Mereka yang mendaftarkan diri akan mendapatkan informasi secara berkala mengenai prosedur pendaftaran melalui Études en France dan tergabung dalam workshop online yang diselenggarakan secara tertutup.

Campus France membantu para pendaftar untuk memenuhi setiap persyaratan dan dokumen yang diminta dalam situs Études en France. Pendaftar akan diajarkan banyak hal, bahkan dipandu dalam membangun CV dan motivation letter à la française yang meningkatkan kemungkinan profilmu dilirik pihak perguruan tinggi Prancis.

Baca juga: Informasi Yang Kamu Harus Ketahui Untuk Kuliah di Prancis

Ditambah, pendaftar dibimbing secara individual dan juga bersama-sama. Para pendaftar dapat saling memompa semangat dalam proses pendaftaran, karena mereka tidak melalui ini sendirian!

Wah, bahkan secara online pun Campus France tetap berdedikasi mendukung semua proses untuk segera studi ke Prancis!

3. Konsultasi pendaftaran beasiswa

Setiap tahun, Prancis menawarkan banyak jenis beasiswa untuk mendanai mahasiswa Indonesia. Beasiswa dapat diberikan oleh pemerintah pusat & daerah Prancis, kedutaan Prancis di Indonesia, bahkan dari masing-masing universitas.

Seiring berjalannya waktu, Prancis terus memberikan inovasi dalam pemberian beasiswa untuk mahasiswa dengan latar belakang studi yang beragam. Hal ini dalat dilihat dalam beasiswa Make Our Planet Great Again bagi mahasiswa yang mendalami ilmu bumi dan isu lingkungan.

Pembiayaan beasiswa memang sangat menunjang kehidupan mahasiswa. Terdapat beasiswa yang membiayai uang kuliah tahunan (dengan jumlah maksimal tertentu), biaya akomodasi dan living cost per bulan, tiket pesawat, pembuatan visa, asuransi kesehatan dan banyak lagi.

Tidak mengherankan bahwa beasiswa dikejar oleh banyak sekali mahasiswa setiap tahunnya. Pendaftar beasiswa harus mengumpulkan berkas untuk diverifikasi pihak pemberi beasiswa. Di antara berkas tersebut adalah… tentu saja CV dan motivation letter!

Pendaftar beasiswa harus menulis CV dan motivation letter untuk menggambarkan profil yang menarik. Selain itu, pendaftar juga harus bisa membuktikan tekad mereka dalam studi harus dalam bentuk prestasi dan komitmen. Hal inilah yang dibantu dalam konsultasi Campus France.

Konsultasi dengan Campus France dapat memastikan bahwa pendaftar menonjolkan pencapaian yang tepat sasaran dalam motivation letter mereka. Dengan format yang tepat, penyampaian tegas, efektif dan percaya diri, pendaftar menjadi kandidat yang unik dan menonjol. Kemungkinan pendaftar dipilih sebagai penerima beasiswa semakin besar.

Jadi, layanan konsultasi Campus France memang benar-benar mendukung proses persiapan studi ke Prancis sampai siap keberangkatan.

Tunggu apa lagi, yuk konsultasi ke Campus France untuk studi ke Prancis!