Language

Belajar Bahasa Jerman Bersama Goethe Insistut

Last updated on 07 Jul 2020
Belajar Bahasa Jerman Bersama Goethe Insistut

Goethe Institut.jpg Sumber foto: mladiinfo.eu

Oleh Nurchalimah


Dari sekian banyak negara di Eropa, Jerman menjadi salah satu yang menjadi favorit bagi para mahasiswa Indonesia yang mau melanjutkan studi. Pendidikan yang berkualitas, jajaran universitas terbaik, hingga kultur dan budaya yang menjanjikan untuk dieksplor menjadi beberapa alasan kenapa Jerman difavoritkan. Tapi, di luar semua itu nyatanya bahasa Jerman yang notabene merupakan salah satu bahasa tersulit di dunia, membuat beberapa orang sedikit bimbang untuk melanjutkan studi ke Jerman.

Pada dasarnya, untuk melanjutkan kuliah di Jerman, kamu harus bisa menguasai bahasanya. Hal ini karena tidak semua mata kuliah di sana disampaikan menggunakan bahasa Inggris, khususnya jenjang Stara I. Lagipula, dengan menguasai bahasa Jerman maka kamu juga bisa lebih mudah beradaptasi saat memulai kehidupan di Jerman.


Untuk daftar lengkap Beasiswa Kuliah ke Jerman, klik di sini.


Belajar Bahasa Jerman Bersama Goethe Insistut

Bagi kamu yang tinggal di Indonesia dan memang berminat untuk melanjutkan kuliah di Jerman, maka kamu bisa belajar bahasa Jerman bersama Goethe Institut. Goethe-Institut merupakan institute kebudayaan Republik Federal Jerman yang mengembangkan aktivitas di berbagai negara. Institut ini berusaha untuk ikut mengembangkan pengetahuan mengenai bahasa Jerman di luar Jerman. Selain itu Geoethe Institut juga memelihara kerjasama internasional dalam bidang budaya.

Goethe Institut menawarkan kursus Bahasa Jerman untuk kamu yang tertarik untuk kuliah dan bekerja di Jerman. Diluar itu, kesempatan untuk belajar bahasa tidak tertutup jika kamu memang ingin menguasai Bahasa lain selain Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia. Nah, bagi kamu yang non-pemula, kamu bisa mengikuti tes penempatan di Goethe Institut untuk bisa mengetahui kemampuan bahasa Jermanmu saat ini. Dengan melakukan tes ini, maka kamu bisa menentukan kursus mana yang cocok dengan kebutuhan dan kondisimu.


Official Website: Goethe Institut


Jenis Kursus yang Ditawarkan Oleh Goethe Istitut Goethe-Institut Jakarta menyediakan kursus ekstensif, intensif, dan super-intensif. Setelah mengikuti tes penempatan, Anda akan mulai belajar di tingkat yang cocok untuk Anda. Jika Anda tidak mempunyai pengetahuan awal, Anda secara automatis mulai dari tingkat A1.

Sehubung keadaan pandemi yang terjadi sekarang ini, kurus Bahasa Jerman yang ditawarkan oleh Goethe institut menyesuaikan diri dengan keadaan yang ada sehingga membuat akses untuk kelas yang biasanya bertemu langsung berubah menjadi bertemu secara virtual.

Ada dua jenis kursus bahasa Jerman di Goethe Institut yaitu kursus spesial dan kursus standar. Untuk kursus spesial sendiri masih dibagi menjadi dua jenis yaitu kursus individual dan kelompok kecil serta kursus untuk perusahaan. Sedangkan untuk kursus standar berikut adalah rinciannya:

1. Kursus Ekstensif

Kursus Ekstensif didesain menyerupai proses belajar tatap muka dalam format digital dengan guru yang akan membimbing dan memotivasi selama proses belajar berlangsung. Durasi dari pilihan kursus ini berlangsung selama 13 minggu.

Setiap minggunya kamu bisa memilih untuk melakukan pertemuan sekali atau dua kali lewat kelas yang diselenggarakan di aplikasi Zoom. Kalau kamu memilih untuk bertemu sekali dalam seminggu, kelas tersebut akan berlangsung 1 selama 6 jam pelajaran (1 JP = 45 menit) di hari Sabtu atau Minggu. Sedangkan untuk pilihan pertemuan dua kali dalam seminggu, kelasnya akan diselenggarakan selama hari kerja dengan kurung waktu 3 jam pelajaran per pertemuan (1 JP = 45 Min.) Pelajaran akan dilakukan dalam 3 sesi, masing-masing 90 menit dengan dua kali istirahat 30 menit.
Kemajuan yang diharapkan dari kelas ini sebanyak 1 tingkat Untuk kursus ini, maksimal siswanya adalah 22 orang per kelas dengan biaya sekitar Rp. 3.550.000 hingga Rp. 3.750.000 temasuk pajak.

2. Kursus Intensif

Kurus intensif dari namanya sendiri menindentifikasikan bahwa kursus ini memiliki proses belajar yang lebih intens dengan durasi waktu yang lebih singkat, 6.5 minggu. Kelas kursus intensif ini memiliki frekuensi pertemuan 3 kali perminggu dengan lama pertemuan 4 jam pelajaran perhari (1JP= 45 menit). Kemajuan yang diharapkan dari kelas ini sebanyak 2 tingkat. Maksimal jumlah siswa untuk kelas ini adalah 22 orang per kelas dengan biaya kursus sekitar Rp. 3.300.000 termasuk pajak.

3. Kursus Online

Kalau kamu lebih produktif jika jam belajarmu fleksibel di dalam jadwalmu sehari-hari, kursus online bisa jadi pilihan tepat untukmu. Kursus ini menawarkan fleksibilitas maksimum bagi mereka yang ingin belajar secara mandiri, sesuai dengan kecepatan dan jadwal masing-masing peserta. Walaupun diberikan kebebasan dalam jadwal belajar, kamu akan tetap memperoleh keuntungan dari belajar berkelompok dan kesempatan berinteraksi dengan guru dan rekan sekelas. Pelajaran kursus ini akan memperkenalkanmu dengan Bahasa Jerman dalam konteks kegiatan yang biasa muncul dalam kehidupan sehari-hari. Kosepnya terdiri dari dua komponen:

1) Belajar sendiri/mandiri: Dalam waktu yang kamu tentukan sendiri, kamu akan diberikan latihan yang dibuat, mengambil bagian dalam pembuatan blog atau forum, dan mengumpulkan tugas dan akan menerima umpan balik yang mendetil dari guru.

2) Sesi belajar kelompok secara virtual: dalam 3 sesi real-time yang masing-masing berdurasi 90 menit, kamu akan bertemu dengan guru dan rekan sekelas untuk latihan tambahan dan berkomunikasi secara langsung.

4. Kursus Blended Learning

Kursus Blended Learning adalah gabungan antara kursus online dengan kursus yang diselenggarakan menyerupai kelas lewat aplikasi Zoom. Kursus ini mengkombinasikan 50% belajar mandiri dan 50% interaksi dalam kelas. Dengan pengaturan waktu yang fleksible dikombinasikan dengan keuntungan belajar secara tatap muka, memberikan pengalaman yang mungkin bisa lebih efektif untuk kamu. Ada dua pilihan Kursus Blended Learning yang bisa kamu pilih sesuai dengan jangka waktu yang sesuai dengan yang diperlukan.

Kursus Ekstensif Blended Learning berjalan selama 13 minggu dengan frekuensi 1 pertemuan virtual per minggu selama 3 jam pelajaran (1 JP = 45 menit) + 3 jam tugas online mandiri.

Sedangkan, Kursus Intensif Blended Learning berlangsung selama 6,5 minggu dengan frekuensi 2 pertemuan virtual per minggu selama 3 jam pelajaran (1 JP = 45 menit) + 2 kali per minggu 3 jam tugas online mandiri.

Kamu berminat untuk menguasai bahasa Jerman bersama Goethe Institut? Kamu bisa mendapat informasi lebih lengkap mengenai kursus, jadwal dan biaya di sini. Kemudian untuk kontak, pendaftaran hingga persyaratan yang diperlukan bisa kamu lihat di sini.

Ayo wujudkan mimpimu untuk melanjutkan kuliah di Jerman..


Untuk informasi lebih lanjut tentang Kuliah di Jerman, klik di sini.