Language

6 Universitas dengan Gaya Bangunan Terindah di Eropa

Last updated on 07 Jul 2020
6 Universitas dengan Gaya Bangunan Terindah di Eropa

Oleh Kristantinova

Melanjutkan studi di Eropa dapat memberikan kesan yang indah bagi murid-murid dari negara lain. Benua Eropa dikenal dengan kesan historikal yang kuat yang dapat terpancar melalui desain bangunan dan gedung-gedung yang berdiri, tak terkecuali bangunan kampus. Kampus-kampus di Eropa memiliki bentuk-bentuk yang artistik dan penuh sejarah yang dapat memberikan kesan kepada mereka yang berkuliah disana. Berikut adalah beberapa universitas di Eropa yang menyuguhkan bangunan arsitektur dan suasana lingkungan yang indah. Apakah kampus yang kamu tuju ada diantaranya? Mari kita cek bersama-sama.

1. Lomonosov Moscow State University – Rusia

Lomonosov Moscow State University .jpg Sumber: commons.wikimedia.org

Universitas yang terletak di Moscow ini dibangun pada 1755. Berkat kejeniusan arsitektur L.V. Rudnev, universitas ini dikonstruksi dengan bahan bangunan dari Georgia, Uzbekistan, dan Ukraina dan berhasil membuat siapa saja yang melihatnya terkagum-kagum. Bagian lain dari universitas ini yang juga mencuri perhatian adalah taman botaninya yang menyimpan lebih dari 1.000 spesies tanaman.

2. The University of Salamanca - Spanyol

University of Salamanca.jpg Sumber: commons.wikimedia.org

Universitas ini berdiri tepat di depan Old City of Salamanca yang bersejarah yang merupakan bagian dari situs warisan dunia UNESCO sejak 1988. Menurut UNESCO, The University of Salamanca menjadi salah satu bangunan esensial yang membuat kota tua Salamanca menjadi situs warisan dunia. Di dalamnya terdapat desain-desain arsitektural yang menakjubkan dan layak untuk dilestarikan.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di The University of Salamanca, klik di sini.

3. National University of Ireland Galway – Irlandia

National University of Ireland Galway.jpg Sumber: commons.wikimedia.org

Didirikan pada tahun 1845, NUI Galway terkenal dengan gaya bangunannya yang bernuansa gothic yang terinspirasi dari gaya arsitektur Christ Church yang ada di University of Oxford. Gaya bangunannya yang dominan berwarna abu-abu juga dibilang mirip dengan sekolah sihir Hogwarts pada cerita Harry Potter.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di National University of Ireland Galway, klik di sini.

4. Uppsala University - Swedia

Uppsala University.jpg Sumber: commons.wikimedia.org

Bangunan utama dari Uppsala University memiliki banyak koleksi seni yang berusia puluhan bahkan ratusan tahun, mulai dari lukisan, permadani, hingga furnitur-furnitur yang ada di dalamnya. Tidak hanya hal-hal kecil yang ada di dalamnya, desain luar bangunannya sendiri merupakan suatu karya yang menakjubkan sejak pertama kali universitas ini dibuka pada tahun 1887. Bagian indah lainnya yang ada pada universitas ini adalah Botanical Garden yang dijuluki sebagai “living plant museum” oleh orang-orang disana. Musim Semi menjadi musim yang paling indah untuk mengunjungi Botanical Garden disana ketika bunga Magnolia dan Tulip bermekaran.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di Uppsala Univeristy, klik di sini.

5. University of Oxford - Inggris

University of Oxford.jpg Sumber: Foto oleh Hugo Pardo Kuklinski dari flickr.com

Selain dikenal sebagai salah satu universitas yang menghasilkan lulusan-lulusan terbaik di dunia, University of Oxford juga terkenal dengan bangunannya yang indah khas gaya Victoria. Daya tariknya tidak hanya memikat hati para mahasiswanya tetapi juga wisatawan asing. University of Oxford tidak lagi hanya menjadi destinasi untuk mengenyam pendidikan tetapi juga destinasi wisata.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di University of Oxford, klik di sini.

6. University of Cambridge - Inggris

Kings_College_Chapel,_Cambridge,_July_2010_(04).jpg Sumber: commons.wikimedia.org

Universitas lainnya di Inggris yang juga menjadi sorotan karena keindahan bangunannya adalah The University of Cambridge. Universitas yang telah berdiri sejak tahun 1209 ini memiliki gaya bangunan yang megah dan sangat khas dengan nuansa Inggris kuno. Salah satu bangunan yang menjadi sorotan keindahan dari universitas ini adalah King’s College Chapel.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai kuliah di University of Cambridge, klik di sini.